BREAKING NEWS
http://www.rolitastory.blogspot.com/

Teknologi

Unik

Video

Es Arktik Meningkat, Bumi Sembuh dari 'Penderitaan'


Perbandingan lapisan es pada 2012 dan 2013. (foto: Daily Mail)

Planet Bumi beserta isinya bisa dipastikan sangat senang dengan datangnya kabar ini. Badan khusus PBB yang fokus terhadap isu perubahan cuaca (IPCC) menyebutkan, lapisan es di Kutub Utara kembali meluas dibanding satu tahun lalu.

Perairan Arktik tercatat mengalami pembekuan kembali hingga 60 persen. Hampir satu juta milkubik perairan samudera Arktik kembali tertutupi lapisan es per Agustus 2013. Sebelumnya pada Agustus 2012, lapisan es di perairan Arktik mencair akibat pemanasan global. Bahkan laporan dari BBC 2007 silam pernah menyebutkan Arktik akan kehilangan seluruh lapisan esnya pada 2013. Namun prediksi itu seratus persen salah.

Dilansir Daily Mail, Minggu (8/9/2013), pembekuan kembali perairan Arktik ini lebih besar dari benua Eropa. Lebih lagi, tak ada lapisan es yang patah di sepanjang pembekuan baru. Lapisan es baru ini terbentang dari kepulauan Kanada hingga tepian pantai bagian utara Rusia.

Jalur perairan Northwest Passage yang menghubungkan Atlantik dan Pasifik juga kembali tertutup dengan lapisan es. Lebih dari 20 kapal yang berniat mengarungi lautan melintasi Nortwest Passage terpaksa harus memutar balik haluan karena perairan tertutup es.

Hal ini merupakan kabar baik bagi dunia. Beberapa ilmuwan juga memprediksi Bumi tengah menuju era penyembuhan. Pembekuan kembali es di perairan Arktik, kata Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) PBB, terjadi akibat kesadaran manusia yang memulai kampanye Global Warming sejak beberapa tahun terakhir. Aksi-aksi yang dilakukan manusia untuk kembali menyelamatkan bumi seperti Earth Hour dan semacamnya berhasil membawa perubahan baik bagi bumi.

Post a Comment

 
Copyright © 2013 www.celoteh.us
Powered byBlogger