BREAKING NEWS
http://www.rolitastory.blogspot.com/

Teknologi

Unik

Video

Robot Berbicara Kirobo Dikirim ke Luar Angkasa

Robot Berbicara Kirobo Dikirim ke Luar Angkasa


Kirobo, robot berbicara setinggi lutut dengan warna tubuh hitam dan putih serta mengenakan sepatu bot merah, meluncur dari Jepang ke Stasiun Antariksa Internasional (International Space Station/ISS) untuk uji kemampuan membantu pekerjaan para astronot.

Robot berbicara Jepang yang dilengkapi dengan teknologi pengenalan suara dan wajah itu dibawa bersama pesawat kargo tanpa awak dan berton-ton pasokan serta peralatan untuk para kru di markas penelitian orbital.

Menurut keterangan di laman resmi Badan Eksplorasi Antariksa Jepang (Japan Aerospace Exploration Agency/JAXA), pesawat kargo itu diluncurkan dari Tanegashima Space Center, baratdaya Jepang, pada Ahad (5/8).

Setelah peluncuran perdana tersebut, astronot yang akan menjadi kawan bicara utama Kirobo adalah astronot Jepang Koichi Wakata, yang dijadwalkan meluncur ke stasiun luar angkasa bersama enam awak lainnya bulan November mendatang.

Wakata dijadwalkan mengambil kendali kompleks proyek stasiun antariksa 15 negara bernilai 100 miliar dolar AS itu pada Maret tahun depan.

Kirobo, yang dikembangkan oleh University of Tokyo, Toyota Motor Corp dan Dentsu Inc, akan tinggal di antariksa sampai akhir tahun 2014.

Robot setinggi 34 sentimeter dengan berat satu kilogram itu dirancang untuk melakukan navigasi pada gravitasi nol dan mendapatkan namanya dari kata "kibo", Bahasa Jepang untuk "harapan" dan "robot".

Dalam demonstrasi baru-baru ini, Kirobo mengatakan "berharap bisa menciptakan masa depan di mana manusia dan robot hidup berdampingan bersama."

Post a Comment

 
Copyright © 2013 www.celoteh.us
Powered byBlogger